5 Pemain Remaja Siap Bersinar di Piala AFC U-19

5 Pemain Remaja Siap Bersinar di Piala AFC U-19
5 Pemain Remaja Siap Bersinar di Piala AFC U-19. Pergelaran Piala AFC U-19 tinggal berbilang jam. Kick-off pertandingan pembuka akan dimulai Kamis (18/10) nanti. Sebanyak 16 tim remaja Asia akan bersaing untuk menjadi yang terbaik, sekaligus mengejar tiket ke Piala Dunia U20 tahun depan.

Sudah pasti akan ada bintang yang bakal bersinar selama perhelatan dua pekan ke depan. Terlebih negara-negara kekuatan sepak bola Asia mengirimkan beberapa pemain muda terbaik mereka. Jika Indonesia punya Egy Maulana Vikri, lima negara ini memiliki bintang yang diperkirakan akan menyita perhatian pada Piala AFC U-19 nanti.

1. Takefusa Kubo (Jepang)

Posisi: Penyerang/Gelandang

Umur: 17 tahun

Klub: Yokohama F. Marinos

Pemain termuda kedua dalam skuat asuhan Masanaga Kageyama pada Piala AFC U-19. Kubo baru-baru ini menjadi pencetak gol termuda kedua Liga J1 saat ia membuat debutnya untuk Yokohama F. Marinos melawan Vissel Kobe pada Agustus lalu. Ia pernah diundang ke Barcelona pada usia 10 tahun dan menghabiskan empat tahun dengan raksasa Katalan itu sebelum kembali ke Jepang.

Remaja yang dijuluki ‘Messi Jepang’ tersebut, juga memiliki pengalaman turnamen yang signifikan. Kobe pernah mencetak empat gol pada Kejuaraan Piala AFC U-16 2016. Ia juga dipilih untuk memperkuat timnas Jepang di Piala Dunia U-17 dan U-20 tahun lalu, meskipun baru berusia 15 tahun ketika turnamen U-20 dimulai.

2. Sebastian Pasquali (Australia)

Posisi: Gelandang

Umur: 18 tahun

Klub: AFC Ajax (Belanda)

Pasquali menembus skuat Australia saat berusia 16 tahun, setelah penampilan gemilangnya untuk Melbourne Victory melawan juara Italia Juventus dalam laga pramusim. Pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1 dilanjutkan dengan adu penalti. Pasquali yang menjadi salah satu eksekutor mampu mengunci kemenangan Melbourne Victory.

Tidak lama setelah Pasquali menerobos tim inti Melbourne, gelandang tengah itu langsung dibajak oleh raksasa Belanda, Ajax. Masih baru 18 tahun, Pasquali belum tampil di Eredivisie. Tetapi ia bermain di tim divisi dua Jong Ajax, dan diharapkan menjadi kapten Young Socceroos saat mereka berburu gelar menuju Piala Dunia U-20 FIFA.

3. Cho Young-wook (Korea Selatan)

Posisi: Penyerang

Umur: 19 tahun

Klub: FC Seoul

Cho Young-wook adalah penyerang berbakat dan berpengalaman yang dipanggil Korsel untuk berlaga di Piala AFC U-19. Kejuaraan ini akan menambahkan rekam jejak karier sepak bola internasional di CV-nya. Sebab, pemain 19 tahun itu, sudah pernah memperkuat Korsel di Piala
Dunia U-20. Ia juga dimainkan pada semua laga Piala AFC U-23 tahun ini dan memiliki jam terbang yang banyak dengan FC Seoul.

Dia pernah mengikuti kompetisi ini sebelumnya. Membawa timnya memenangkan laga krusial kontra tuan rumah Bahrain dua tahun lalu, dengan melesakkan gol pada menit ke-84 dan 92 yang membalikkan keadaan menjadi 2-1. Cho adalah pencetak gol terbanyak di kualifikasi dengan enam gol. Ia diharapkan bisa memimpin negaranya untuk mencetak gelar ke-13 mereka dalam turnamen ini.

4. Feras Al Brikan (Arab Saudi)

Posisi: Penyerang

Umur: 18 tahun

Klub: Al Nassr

Arab Saudi harus terlupakan di Piala AFC U-16 dua tahun lalu. Tetapi Feras Al Brikan meninggalkan kesan dengan penampilan gemilangnya. Terutama dua golnya saat melawan tuan rumah India yang menjadikannya pemain terbaik laga saat itu.

Penyerang muda Al Nassr ini merupakan pemain kunci Arab Saudi dalam kualifikasi Piala AFC U-19. Ia mencetak hat-trick ketika menghadapi India dan menyarangkan gol kemenangan melawan Turkmenistan sebagai pencetak gol terbanyak timnya.

Sekarang, pemuda 18 tahun itu berkembang menjadi pemain dengan kecepatan, ketenangan, dan sentuhan berkelas. Al Brikan akan menjadi salah satu generasi baru dari pesepak bola berbakat Arab Saudi yang diharapkan memimpin negaranya meraih gelar Piala AFC U-19 pertama mereka sejak 1992.

5. Tao Qianglong (Cina)

Posisi: Penyerang

Umur: 16 tahun

Klub: Hebei China Fortune
 
Penyerang tengah yang masih berusia 16 tahun ini adalah pahlawan bagi timnas Cina. Tao yang masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-70 dalam pembukaan kualifikasi Piala AFC U-19, September lalu, mencetak gol kemenangan pada injury time untuk negaranya.

Setelahnya, performa Tao kian meningkat. Tidak hanya menembus starting line-up tim besutan Cheng Yaodong, melainkan juga mencatatkan namanya dalam daftar pencetak gol. Tao langsung ditawari oleh klub Liga Super Cina Hebei China Fortune untuk bergabung.

Anak remaja ini menjadi bagian dari skuat Cina yang memenangkan turnamen persahabatan Piala Panda pada Mei. Mencetak satu gol dalam kemenangan 4-0 atas Hungaria, Tao diperkirakan akan membentuk kerja sama yang tangguh dengan pemain berusia 19 tahun, Gwang Tianyu, di lini depan Cina.

Comments

Popular posts from this blog

Griezmann Bawa Prancis Berjaya

Adipati Dolken Sulit Menahan Tawa di Film 3 Dara 2